Cara Mencegah Diabetes Agar Dapat Terhindar dari Penyakit dan Komplikasinya

Penyakit diabetes dan komplikasinya

Diabetes melitus atau yang dikenal juga sebagai kencing manis termasuk salah satu penyakit yang jika sudah divonis menderita penyakit tersebut maka tidak bisa disembuhkan. Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah melebihi ambang batas yang disebabkan karena terjadi gangguan atau masalah pada sekresi dan atau kerja insulin. baca juga cara mencegah diabetes dilakukan sejak dini karena diabetes dapat menyebabkan komplikasi yang lainnya.

Diabetes yang sudah tidak teratasi misalnya karena terlambat dideteksi, dapat menyebabkan komplikasi yang parah misalnya stroke, kelainan pembuluh darah, kelainan pada jantung, kelainan saraf kaki dan kelainan ginjal. Cara mencegah penyakit diabetes yang paling mudah adalah dengan tidak merokok. Namun, saat ini hampir sebagian orang merokok dan semakin banyak rokok yang dihisap akan meningkatkan resiko diabetes. Cara kedua adalah dengan bergerak dan mengurangi duduk atau berdiam diri. Setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, Anda harus bergerak kurang lebih 30 menit setiap harinya misalnya dengan bersepeda, berlari, berjalan-jalan sehingga tidak hanya dapat membantu menjaga berat badan, mengurangi kolesterol, menurunkan resiko diabetes namun juga dapat menguatkan otot cardiovascular.

Ketiga adalah mengkonsumsi makanan yang bervitamin dan bermineral yang dibutuhkan oleh tubuh serta membatasi mengkonsumsi karbohidrat. Ganti nasi putih menjadi kentang, beras merah, gandum ataupun oat yang lebih memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan rendah akan gula. Keempat adalah mengurangi junk food karena makanan siap saji memiliki kadar garam yang tinggi. Kelima adalah tidur yang cukup dan hindari stress yang berlebih.

Jika cara mencegah diabetes tersebut sudah Anda lakukan, jangan lupa untuk mengecek kadar gula Anda secara rutin sehingga dapat membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis namun tetap rendah gula dan kalori yang bagus untuk menjaga kadar gula darah, Anda dapat memilih produk Tropicana Slim atau aneka jus dari Tropicana. Jadi, selalu pilih dan gunakan produk Tropicana misalnya Tropicana Slim Sweetener Diabet untuk Anda yang sudah divonis menderita diabetes sehingga gula darah tetap terkontrol dan Anda tetap dapat menikmati manisnya hidup!

3 Cara Mencegah Diabetes Dengan Mudah dan Efisien

Anda tahu diabetes? Diabetes ialah penyakit kelebihan glukosa dalam darah dan menjadi penyakit yang sangat di takuti banyak orang. Pasalnya, jika seseorang menderita diabetes mempunyai risiko yang besar terkait munculnya komplikasi penyakit berbahaya lain seperti stroke maupun jantung. Nah, cara mencegah diabetes yang tepat sebagian orang memilih untuk melakukan gaya/pola hidup sehat serta mengurangi pengkonsumsian gula. Perlu Anda tahu, diabetes dibagi atas 2 tipe yaitu tipe 1 dan 2. Penderita penyakit diabetes pada tipe 1 jumlahnya memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tipe diabetes yang ke-2. Diabetes tipe-1 secara murni disebabkan adanya faktor genetik dan umumnya sudah terkena diabetes semenjak kanak-kanak.

Berbeda dengan jenis diabetes tipe-1, dimana diabetes tipe-2 yang menjadi penyebab utamanya yakni gaya/pola hidup tak sehat dan obesitas. Namun meskipun penderita diabetes tipe-2 jumlah lebih banyak daripada diabetes tipe-1, Anda bisa mengurangi besarnya risiko diabetes tipe-2 dengan memilih cara mencegah dibetes dibawah ini. Berikut cara pencegahan diabetes menurut TPN Tropicana :

Konsumsilah Makanan Sehat
Pengertian makanan sehat yang dimaksudkan adalah makanan yang tinggi serat, nutrisi seimbang, rendah lemak dan rendah kolesterol. Cobalah untuk konsumsi makanan yang masuk kriteria tersebut dan pastikan Anda makan sebelum merasa kenyang.

Kurangilah Konsumsi Makanan-Makanan Manis dan Cepat Saji
Makanan manis dan cepat saji dipastikan menyimpan kalori yang begitu tinggi dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Nah, agar kalori tersebut tak menumpuk pada tubuh dan akhirnya berakibat pada obesitas serta hindari juga konsumsi makanan-makanan jenis fast food ataupun makanan tinggi gula. Disarankan untuk mengkonsumsi produk food dari Tropicana yang rendah lemak.

Aktiflah Bergerak
Jika biasanya Anda ketika mengisi weekend dengan bermalas-malasan atau memilih untuk tidur, sekarang cobalah untuk memilih aktivitas pergerakan yang lebih aktif. Anda tak dianjurkan untuk pergi ke tempat-tempat kebugaran untuk jalankan aktivitas gym karena Anda bisa melakukan aktivitas gerak seperti membersihkan rumah, berkebun ataupun mencuci mobil.

Itulah tiga cara mencegah diabetes yang mudah untuk Anda lakukan agar terhindar dari diabetes. Semoga bermanfaat!

Baca artikel lainnya di Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mencegah Diabetes Agar Dapat Terhindar dari Penyakit dan Komplikasinya"

Posting Komentar